March 29, 2012

QR Code Apaan sih?

Pernahkan anda mendengar istilah QR Code ? Nah sekarang coba anda perhatikan gambar disamping ini. Kira-kira bisakah anda membaca makna yang terkandung didalam gambar tersebut ? Tentu saja tidak bisa. Karena gambar tersebut merupakan sebuah QR Code.
Gambar ini memang asing bagi kita. Tetapi QR Code sendiri bukanlah barang baru, inovasi ini ditemukan oleh Denso-Wave, sebuah perusahaan Jepang yang diperkenalkan pada tahun 1994. QR Code sendiri merupakan singkatan dari "Quick Response Code" dimana kode-kode ini bisa diterjemahkan secara singkat dan cepat hanya menggunakan kamera ponsel yang telah ditambahkan aplikasi pembaca QR Code sebelumnya. Kode QR telah mendapatkan standarisasi secara internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Dunia. Di indonesia sendiri dipopulerkan oleh harian Kompas.

Manfaat dari QR Code adalah kita bisa langsung membaca isi yang terkandung dalam code tersebut secara cepat. QR Code ini bisa digunakan promosi sebuah perusahaan, menyimpan alamat sebuah Situs / Blog,  atau menyimpan Tulisan, menyimpan nomor HP dan menyimpan SMS dari seseorang.
Jika QR Code ini diterapkan pada sebuah situs atau blog, pengunjung bisa langsung melihat blog tersebut melalui HP atau mobile phone.

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji, kana, hiragana, simbol dan kode biner. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode ini mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca.


Reactions:

0 comments:

Post a Comment